Search
  • Admin

Dampak Hyper Inflasi Positif atau Negatif


Wellian memperkirakan BI akan mulai menaikkan suku bunga pada Mei tahun ini. Secara keseluruhan, dia memperkirakan BI akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 100 bps sepanjang tahun ini sehingga suku bunga acuan BI akan berada di level 4,5% di akhir tahun.


Sektor keuangan bukan satu-satunya yang diuntungkan. Saham konsumer diskresioner juga dapat mengalami lonjakan karena peningkatan lapangan kerja, ditambah dengan pasar perumahan yang lebih sehat, membuat konsumen cenderung berbelanja secara lebih royal untuk pembelian di luar bidang kebutuhan pokok konsumen.


Selain itu, investor juga dapat mengharapkan pengembalian yang solid di sektor-sektor defensif karena banyak pedagang yang berupaya mengalokasikan keuntungan mereka di sektor-sektor yang umumnya dianggap stabil selama penurunan pasar.

Kenaikan suku bunga acuan BI jika diikuti dengan pengetatan likuiditas maka perbankan akan mulai menaikkan suku bunga deposito untuk menarik dana pihak ketiga, dan suku bunga kredit, baik kredit modal kerja, kredit investasi hingga kredit konsumsi termasuk KPR tentunya juga akan ikut dikerek, masyarakat pun kena getahnya.


Sementara itu dari dalam negeri, saham-saham emiten teknologi juga tertekan dalam. Dua perusahaan rintisan raksasa yang digadang-gadang akan memberikan warna baru bagi bursa, nyatanya gagal menarik perhatian publik dan valuasinya telah menguap signifikan.


Investor publik tampaknya sudah mulai enggan dengan 'basa-basi' bakar uang demi pertumbuhan yang akhirnya membuat perusahaan menderita kerugian dengan nilai fantastis.


sumber : https://bit.ly/3FIbS3i

0 views0 comments

Recent Posts

See All