Search
  • PT Restu Anugerah Sejahtera

Cermati Sebelum Memulai Bisnis Sawit

Bericara soal bisnis CPO atau Crude Palm Oil, memang tidak ada habisnya, bahkah banyak yang berpendapat bisnis semacam ini akan terus everlasting dan tidak lekang oleh waktu. Tapi apakah semenggiurkan itu? Ternyata tidak juga.

Bagi sebagian pengusaha pundi-pundi keuntungan yang diperoleh ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu pengorbanan dan perjuangan agar mendapatkah hasil maksimal. Rata-rata sebagian besar mereka tidak terjun setengah-tengah tapi banyak aspek diperhatikan guna mendapatkan hasil maksimak, mulai dari permodalan, manajamen perkebunan mencakup lahan, pemilihan bibit, hingga pengelolaan hasil panen.

Namun, membuka usaha CPO tidak asal membuka saja, kita juga harus memperhatikan faktor lingkungan, jika tidak, tentu usaha yang kita kelola akan berdampak buruk tak hanya lingkungan tapi juga manusia, seperti polusi udara yang disebabkan pembukaan lahan.

Nah, bagi Anda yang tertarik mengembangkan bisnis ini, Anda wajib memperhatikan tips-tips berikut.

Berpengalaman atau tidak sama sekali

Berpengalaman atau tidak tentu akan berdampak terhadap tata kelola perusahaan CPO yang sedang dibangun, bahkan tata kelola yang salah juga bisa terhindari, seperti kebakaran lahan. Sayang sekali dewasa ini banyak pemain baru minim pengalaman sehingga banyak sekali permasalahan saat membangun bisnis CPO. Jadi jangan nekat menekuni bisnis CPO kalau memang belum memiliki pengalaman sama sekali.

Pilih jasa manajemen perkebunan yang terpecaya

Tidak memiliki pengalaman tapi memiliki banyak modal sebenarnya sudah cukup untuk mendirikan perusahaan CPO, kenapa? Karena Anda bisa mempercayakan tata kelola perusahaan kepada jasa manajemen perkebunan yang terpecaya, Anda pun juga bisa belajar darinya terkait pengembangan SDM, mengelola lahan, menjaga keseimbangan alam dsb.

Perhatikan kualitas tanah

Agar tidak jatuh tertimpa tangga, ada baiknya sebelum mulai menanam perhatikan dulu kualitas tanah, karena sawit wajib ditanam di tanah yang kaya mineral. Mengingat semakin kesini lahan dengan kualitas tanah semakin terbatas, tata kelola lahan yang baik juga wajib diperhatikan yang memaksimalkan produksi tandan buah segar (TBS).

Mengenali Legalitas Lahan

Ini juga tidak kalah penting, pastikan Anda tidak membuka perkebunan di atas atau kawasan hutan lindung atau lahan gambut yang masuk kategori konservasi lahan. Salah pemilihan lahan tentu berdampak buruk terhadap ekosistem yang ada di dalamnya.

Sawit tidak memulu soal untung, keuntungan yang besar tidak dibarengi dengan menjaga lingkungan sama saja bohong. Jadi, jika gara-gara sawit lingkungan menjadi rusak, sudah dipastikan ada yang salah dengan tata kelolanya.

Dari pengertian di atas juga menjelaskan jika memulai usaha CPO tidak sederhana membalikkan telapak tangan bukan? Jika salah langkah bukannya untung, yang ada malah buntung.

Tidak kalah penting apabila Anda berniat memulai usaha CPO, pastikan alat yang dipakai juga mendukung usaha Anda, misal kereta sorong bermerk ARTCO yang dikenal dengan slogan ”tinggal sorong”. Kualitas serta dikenal sebagai alat bantu yang fleksibel membuat kereta sorong ARTCO kian diminati masyarakat, terutama para penguasaha CPO di Indonesia.


#RestuAnugerahSejahtera #GerobakArtco #GerobakSawit #GerobakIndonesia #GerobakMurah #BahanBangunanSurabaya #ArtcoIndonesia #SawitIndonesia #ArtcoSurabaya #TokoBangunan


3 views0 comments

Created 2015. by Kyobie adv. Supported by Wix.com

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now