Search
  • Admin

Indonesia Bangkit ? Resesi ?


Ekonomi Indonesia tumbuh 5,01% (year on year/YoY) pada kuartal I-2022. Pertumbuhan tersebut menandai kembalinya perekonomian Indonesia ke level 5% seperti sebelum pandemi Covid-19 sekaligus menjauhkan Indonesia ke dalam jurang resesi.


Kepala ekonom BCA David Sumual memperkirakan ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh di atas 5% pada periode April-Juni. "Kalau kita lihat sampai Mei masih oke. Aktivitas ekonomi makin bagus. Kegiatan lebaran seperti mudik akan memberikan insentif besar dan pengaruhnya lebih baik karena tahun lalu tidak ada aktivitas mudik," tutur David, kepada CNBC Indonesia.


Ekonom Bank Danamon Wisnu Wardhana juga mengingatkan akan adanya risiko besar yang bisa mengancam perekonomian Indonesia. Di antaranya adalah melemahnya perekonomian global, lonjakan inflasi, dan kemungkinan kebijakan moneter yang lebih ketat.


Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan BI akan mempertimbangkan perkembangan inflasi inti serta menunggu kebijakan pemerintah dalam meredam lonjakan inflasi belum menaikkan suku bunga acuan. Inflasi inti pada April 2022 tercatat 2,6% (YoY), lebih tinggi dibandingkan pada Maret lalu yakni 2,37%.


sumber : https://bit.ly/39O3Dqv

1 view0 comments

Recent Posts

See All