Search
  • PT Restu Anugerah Sejahtera

Tips Dari Pakar Untuk Pertahankan Bisnis Kelapa Sawit di Tengah Pandemi Covid-19



Masa pandemi yang tak kunjung usai juga membuat para wirausaha terkena dampaknya, salah satunya adalah para pebisnis kelapa sawit. Jika tidak pandai membuat strategi, bisnis kelapa sawit yang telah dijalankan pun akan menjadi taruhannya.

Memanfaatkan kesempatan dengan baik serta melek teknologi adalah kunci supaya bisnis kelapa sawit yang dijalankan tetap bisa bertahan di masa pandemi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan supaya bisnis kelapa sawit tidak terpuruk di saat wabah seperti sekarang ini.


Promosi yang Menarik

Promosi memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Perlu diketahui bahwa semakin banyak produk yang menawarkan promosi besar-besaran seperti layanan pesan antar gratis alias free ongkir.

Dalam menjalankan bisnis kelapa sawit, di tengah wabah Covid-19 seperti sekarang ini tidak ada salahnya untuk memberikan promosi dalam segi pengiriman produk kepada para konsumen.


Gunakan Teknologi

Pengenalan produk ke berbagai penjuru dunia saat ini sangat mudah untuk dilakukan, misalnya dengan memanfaatkan penggunaan internet untuk pemasaran buah kelapa sawit.

Selain itu, pembuatan aplikasi atau platform juga sangat diperlukan supaya konsumen dapat mengakses produk kelapa sawit yang sedang dipasarkan. Bergabung dengan berbagai e-commerce dapat memperluas pasar sehingga sangat membantu penjualan kelapa sawit melalui internet.


Empati

Di tengah wabah Covid-19, para pebisnis kelapa sawit bisa menunjukkan empati mereka dengan berusaha berempati, peduli dan memberi solusi. Para pebisnis kelapa sawit bisa mengadakan penyuluhan ataupun hal-hal lain yang dirasa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, perusahaan kelapa sawit juga akan mendapat sentimen positif dari publik apabila mereka tidak hanya berjualan, namun juga menunjukkan kepedulian melalui donasi di tengah pandemi.


Menggeser fokus, perkebunan dan pengolahan

Guna menjaga keberlangsungan bisnis kelapa sawit, para pemangku kepentingan industri minyak kelapa sawit harus bekerja sama supaya bisnis kelapa sawit tidak terpuruk di tengah pandemi.


Prof Sri Adinigsih mengatakan perlu adanya transformasi dalam industri kelapa sawit. Di tengah pandemi yang menyebabkan masyarakat mulai menerapkan gaya hidup baru, mindset bisnis kelapa sawit juga perlu dirubah.

1 view0 comments